Pengertian Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa
Seni rupa merupakan suatu cara pengungkapan rasa yang meliputi rasa indah dan diwujudkan dalam bentuk visual atau rupa, dengan demikian cara menikmati keindahan tersebut adalah dengan indera penglihatan. Ensiklopedia Indonesia (1990: 525) menjelaskan bahwa: ”Seni rupa adalah penciptaan keindahan yang mampu berkomunikasi dengan penikmatnya terutama melalui mata”.
Kegiatan atau cara pengungkapan rasa indah dengan bentuk rupa atau visual ini, didalamnya memuat tentang proses, pengalaman dan keahlian mewujudkan pengalaman dan rasa tersebut dalam suatu karya seni. Mamannoor (2002: 54) menjelaskan bahwa: ”Seni rupa sebagai suatu proses pengungkapan pengalaman dan representasi kenyataan ke dalam suatu bentuk tindakan bahasa estetika melalui bahasa rupa, terlingkup didalamnya persoalan yang berhubungan langsung dengan hal-hal empiris”.
Seni rupa sebagai salah satu cabang kesenian yang bergerak pada bidang penciptaan rupa dengan kawasan dari alam benda dwimatra dan trimatra. Secara umum merupakan suatu upaya manusia untuk menata hidup lebih baik, menata lingkungan lebih baik serta menampilkan benda-benda kasat mata yang disertai unsur estetis.